Apa Pentingnya Katekese?

Nah, setelah mengetahui apa itu definisi dari katekese dan apa itu katekis, tugas serta peran-perannya dalam perutusan. Alangkah baiknya untuk kita mengetahui tujuan dan pentingnya katekese dalam kegiatan Gereja dan bermasyarakat khususnya kaum muda dan OMK (Orang Muda Katolik).

Katekese sendiri mempunyai andil besar dalam berdiri, berkembang, serta maju mundurnya Gereja di dunia dan masyarakat. Menurut Rm. Herman Joseph Suhardiyanto, SJ dosen di Universitas Sanata Dharma Jogjakarta,hal itu disebabkan karena:
-Tidak ada Gereja tanpa pewartaan
-Katekese hidup dan memerdekakan
-katakese berkesinambungan dengan kehidupan masyarakat.

Katekisasi mempunyai tempat yang penting dalam sebuah program Gereja, katekisasi bukanlah bersifat doktrin bukan juga sakramen. Namun katekisasi adalah hal yang penting dalam sebuah pelayanan gereja. Dapat dilihat dalam prosesnya, katekisasi melibatkan banyak pihak dalam gereja. Kateketik begitu penting dalam proses pertumbuhan ima seorang Kristen. Seluruh bidang cakupan kateketik adalah pembelajaran mengenai kekeristenan dalam ranah, pemahaman tentang Allah, Yesus dan Karya-Nya dan juga kehidupan praktikal para pengikut Kristus. Dengan demikian kateketik menjadi sangat penting dan merupakan suatu keharusan demi terwujudnya seorang Kristen yang berkualitas.

Kateketik adalah suatu proses yang sangat menolong warga gereja dalam bertumbuh, dan juga merupakan suatu langkah awal dalam menghadapi kehidupan utuh sebagai Kristen yang telah diperlengkapi dengan pemahaman iman Kristen. Dalam perkembangannya pada masa sekarang ini katekisasi dilakukan dalam mempersiapkan seorang yang muda secara rohani dalam menghadapi sisi. Katekisasi juga dibagi dalam berbagai ruang lingkup sesuai kebutuhan warga gereja. Namun pada dasarnya kateketik bertujuan mendewasakan iman jemaat sehingga jemaat semakin bertumbuh dalam iman dan juga semakin mengerti tentang pemahaman iman Kristen yang benar. Para pelayan katekisasi juga haruslah yang benar-benar paham tentang kebenaran, sehingga ketika bertindak sebagai pengajar dan pembimbing, dapat mengajarkan sesuai dengan pengajaran Alkitab. Sehingga tidak orang yang mengikuti katekisasi bertumbuh kearah yang benar, yaitu pertumbuhan yang Alkitabiah.

Jadi, katakese bukanlah hanya sekedar program Gereja yang hanya wajib dilaksanakan. Tetapi merupakan kesadaran iman Umat Kristen untuk menumbuh kembangkan iman Gereja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Katekese

Jenis-jenis Katekese

Apa itu Katekese dan Katekis?